Skip to main content

Swedia, Pengolah Sampah Terbaik

Swedia memang memiliki konsep pembangunan yang sedikit berbeda dibanding negara-negara Eropa lainnya. Swedia sangat mengedepankan pembangunan yang berorientasi pada kelestarian alam. Di kota seperti Gothenburg, kita bisa menjumpai banyak perumahan yang memiliki halaman belakang hutan pinus asli. Selain itu, Swedia juga tercatat sebagai negara pengelola sampah terbaik, lho!
Sampah Sumber Energi
Di Swedia sampah digunakan sebagai sumber energi. Menurut Parlemen Kota Boras, Olle Engstron, sekitar 40% limbah sudah diolah menjadi energi listrik dan bahan bakar kendaraan bermotor. Namun, diperlukan waktu selama 30 tahun untuk melakukan proses pengolahan limbah menjadi energi. Selanjutnya ditargetkan akan mencapai 70% di tahun 2015. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan kondisi di negara kita.
Boras melakukan pendidikan tentang sampah sejak tahun 1985 dan berlangsung hingga sekarang. Saat ini hampir seluruh sarana transportasi di Kota Boras menggunakan bahan bakar biogas hasil dari pengolahan sampah. Hebat, kan?
Keberhasilan pengelolaan sampah di Swedia tentu didukung oleh pemerintah dan dibarengi dengan kesadaran masyarakat yang tinggi. Misalnya, masyarakat membayar retribusi (retribusi di Swedia dikenakan sama untuk setiap rumah tangga), memilah sampah, dan membeli produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang. Sementara, pemerintah akan memberikan insentif kepada mereka yang secara signifikan dapat mengurangi jumlah sampah rumah tangga.
Diterapkan di Indonesia
Bercermin dari tindakan Swedia, Indonesia mengambil langkah untuk bekerjasama. Pemerintah Kota Palu misalnya. Tahun ini, mereka bekerjasama dengan pemerintah Kota Boras untuk pengolahan sampah. Seperti halnya Kota Boras, langkah pertama yang dilakukan Kota Palu adalah menciptakan kesadaran dan mengubah cara berpikir masyarakat tentang sampah.
Selain Palu, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta juga melakukan hal yang sama. UGM bekerjasama dengan pemerintah Swedia akan membangun jaringan di berbagai provinsi di Indonesia mengenai pemanfaatan dan pengelolaan sampah. Jaringan ini akan menerapkan konsep baru seperti yang diterapkan di Swedia. Sampah dinilai sebagai bahan baku potensial untuk diolah kembali sebagai produk bernilai tambah. Namun, untuk menerapkan konsep ini memang tidak mudah. Swedia sendiri memerlukan waktu 30 tahun untuk mengolah limbah menjadi energi. Yang menjadi kendala adalah pola pikir masyarakat saat itu yang belum terbiasa memilah sampah.
Wah, teman-teman sebaiknya kita juga memiliki kesadaran untuk hal ini. Mulailah dari hal-hal kecil seperti memilah sampah sebelum membuangnya. Karena, hal itu dapat mempermudah proses pengolahan sampah.
Catatan :
Insentif  : tambahan penghasilan.
Retribusi : pungutan uang oleh pemerintah.

sumber :  http://yunior.ampl.or.id

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Soundtrack Iklan Air Asia

agu yang dipakai soundtrack iklan Air Asia yang sebagian liriknya " Here we go, come with me " . Lagu ini dinyanyikan oleh Far East Movement feat. Ryan Tedder. Nah lirik lagu lengkapnya ini Here we go, come with me There's a world out there that we should see Take my hand, close your eyes With you right here, I'm a rocketeer Let's fly (fly,fly,fly,fly) Up, up here we go, go Up, up here we go, go Let's fly (fly,fly,fly,fly) Up, up here we go, go Where we stop nobody knows, knows Where we go we don't need roads, roads Where we stop nobody knows, knows To the stars if you really want it Got, got a jetpack with your name on it Above the clouds in the atmosphere, phere Just say the words and we outta here, outta here Hold my hand if you feeling scared, scared We flying up, up outta here Here we go, come with me There's a world out there that we should see Take my hand, close your eyes With you right here, I'

Proses Terjadinya Hujan

Hujan   merupakan satu bentuk   presipitasi   yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya   salju   dan   hujan es ) atau aerosol (seperti   embun   dan   kabut ). Hujan terbentuk apabila titik   air   yang terpisah jatuh ke   bumi   dari   awan . Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga .

ADLY PULSA "agen pulsa murah"

kami distributor pulsa yang melayani seluruh Indonesia. tidak hanya pulsa, kamijuga menyedian ii ulang paket data dan token PLN. ketersediaan stok pulsa terjaga, komplain transaksi tersedia jika sewaktu_waktu ada gangguan layanan. tranaksi pulsa 24jam. pengisian deposit saldo hanya melayani saat jam kerja: senin - kamis : 08.00 s/d 17.00 jum'at : 08.00 s/d 11.00 & 14.00 s/d 17.00 sabtu : 08.00 s/d 16.00 hari minggu atau hari besar lainnya libur. tetapi, transaksi tetap jalan real time selama 24jam setiap hari. buat kalian yang bergabung menjadi agen pulsa langsung hubungi kami melalui: