Menaruh Laptop di Paha Bikin Mandul?

SERINGKALI kita terbiasa menggunakan laptop dengan seenaknya, tanpa disadari kita memakai laptop di atas paha, bantal, kasur apapun itu bagaimana sampai kita nyaman memakainya. Tapi salahs atu di antara penggunaan laptop tersebut dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan. Mengapa?
Menurut ahli urologi dari Universitas New York, Amerika Serikat, laptop yang diletakkan seperti itu dapat memengaruhi tingkat kesuburan. Bahkan yang lebih ekstrem, berujung pada kemandulan.
Memangku laptop yang menyala di atas kedua paha yang dirapatkan, diketahui akan memacu peningkatan temperatur skortum dan pada akhirnya akan mempengaruhi proses spermatogenesis atau produksi sel-sel sperma.
Kesimpulan itu diambil setelah dilakukan penelitian terhadap 30 pria usia 21-35 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok yakni yang menggunakan laptop dan tidak. Temperatur yang menggunakan laptop ternyata meningkat lebih tinggi dibanding yang tidak memakai laptop meski pada kedua kelompok itu sama-sama dirapatkan pahanya.
Menurut urolog, peningkatan temperatur skortum akan mengganggu proses spermatogenesis. Jika proses tersebut terganggu, maka secara otomatis jumlah, kualitas, morfologi, dan mortilitas sperma menjadi berkurang.
ini
Jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan pada testis yang berujung pada resiko kemandulan. Sebagai pengguna laptop, Anda pasti tahu bahwa setelah dipakai beberapa saat perangkat itu akan terasa sedikit hangat.
Memang jika Anda meletakkan laptop itu di meja, hanya sedikit kehangatan itulah yang akan Anda rasakan. Namun jika Anda memangkunya. Anda bisa membahayakan kesehatan Anda.

Tips-Tips / Pencegahan :
1. Selalu meletakan laptop / notebook di atas meja. Kalau perlu belilah cooling pad agar laptop tidak cepat panas.
2. Jika Anda tetap meletakan laptop / notebook di atas paha, selalu terbuka dan jangan merapatkan kedua kaki agar hawa panas tidak terpendam.
3. Pakailah laptop seperlunya. Laptop memang bermanfaat bagi semua orang, namun efek yang ditimbul kan tidak sedikit. Itu pun berpengaruh kesehatan tubuh kita.[aldi/berbagaisumber]

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...