Bahaya di Balik Radiasi Gadget


lelaki handphone
SEMAKIN bermunculannya berbagai tipe handphone di pasaran itu artinya semakin banyak juga para penggunanya. Perkembangan handphone yang saat ini semakin didominasi oleh handphone pintar atau smartphone semakin mempermudah komunikasi penggunanya. Mulai dari sms, internet, pesan instan dan fitur-fitur canggih lainnya yang membuat para pengguna gedget semakin ingin mencobanya.
Disamping kecanggihan berbagai handphone (hp) saat ini, ada hal yang hampir dilupakan oleh semua orang. Dampak radiasi yang dihasilkan dari hp tersebut. Pada setiap hp yang beredar terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.
Radiasi elektromagnetik terdiri dari gelombang elektrik dan energi magnetik dengan kecepatan cahaya. Semua energi elektromagnetik jatuh pada spectrum elektromagnetik, yang rangenya dari radiasi ELF (Extremly Low Frequency) sampai sinar X dan sinar Gamma. Ketika orang menelpon, handphonenya diletakkan didekat kepala. Pada posisi ini, peluang radiasi dari hp diserap oleh jaringan tubuh sangat besar. Yang sering diperdebatkan sekarang adalah seberapa besar radiasi tersebut berbahaya & apakah ada efek jangka panjang bagi kesehatan?
Beberapa institusi menyatakan bahwa radiasi dari penggunan hp tidak berbahaya. Dan memang radiasi hp tersebut, yang tergolong gelombang RF, tidak cukup berbahaya. Tapi bukan berarti kemungkinan adanya efek samping tidak ada. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh. Radiasi RF punya kemampuan untuk memanaskan jaringan tubuh seperti oven microwave memanaskan makanan. Dan radiasi tersebut dapat merusak jaringan tubuh, karena tubuh kita tidak dilengkapi untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang.
Penyakit yang berpotensi timbul karena radiasi hp adalah kanker, tumor otak, alzheimer, parkinson, sakit kepala
Perbedaan pendapat tentang dampak radiasi hp ini memang terjadi. Terlepas dari mana yang benar atau salah tentu kita sebaiknya perlu untuk bersikap waspada dan mengantisipasi. [fha/islampos/milaazizah)

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...