Perbedaan OS 32 Bit dan 64 Bit

PADA umumnya laptop atau komputer memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasinya. Kecepatan dan respon prosesorpun mempengaruhi kinerja komputer selain itu OS (Operating System) adalah kunci untuk kinerja komputer karena tidak semua komputer cocok atau compatible untuk spesifikasi game.
Adapun OS dengan system 32 ataupun 64, apa perbedaannya? :
Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada suatu windows yang terdapat pada komputer harus kita ketahui agar kita dapat memanfaatkan komputer tersebut secara maksimal. Pada umumnya windows 32 bit dan windows 64 bit memiliki berbagai macam keunggulan serta kelemahan yang berbeda dari keduanya. Windows 32 bit merupakan suatu arsitektur pada processor yang memiliki register berukuran sebesar 32 bit. Sementara windows 64 bit merupakan suatu arsitektur pada processor yang memiliki register yang memiliki ukuran 64 bit.
Perbedaan 32 bit dan 64 bit terletak pada pemrosesan data yang berada pada CPU. Jika pada komputer menggunakan windows 32 bit, maka data yang dapat diproses dalam sekali siklus pemrosesan hanyalah sebesar 32 bit. Namun jika komputer menggunakan windows 64 bit, maka pemrosesan data yang dilakukan dalam waktu sekali proses memuat jumlah data sebesar 64 bit.
Dengan demikian perintah pemrosesan pada windows 64 bit mampu memuat lebih banyak data dibandingkan dengan yang terjadi pada windows 32 bit. Selain hal tersebut, pada komputer yang tertera menggunakan windows 32 bit memiliki batasan RAM yang lebih rendah yang dapat digunakan pada komputer tersebut dibandingkan dengan komputer yang menggunakan windows 64 bit.
Batasan RAM pada komputer dengan windows 32 bit hanyalah sebesar 4 GB saja, sedangkan pada komputer dengan windows 64 bit memiliki batasan RAM yang sangat besar hingga 192 GB. Dengan demikian apabila komputer dengan windows 32 bit memiliki RAM sebesar 6 GB misalnya, maka yang terbaca oleh komputer hanyalah sebesar 4 GB karena memang batas maksimal RAM yang dapat digunakan hanyalah sebesar 4GB. Berbeda dengan windows 64 bit yang memiliki lebih banyak batasannya hingga mencapai 192 GB.
Perbedaan 32 bit dan 64 bit yang lainnya terdapat pada pekerjaan yang dapat dilakukan oleh keduanya. Jika pada komputer dengan windows 32 bit, pekerjaan yang dilakukan oleh komputer tersebut hanyalah pekerjaan yang relatif ringan jika dibandingkan dengan komputer dengan windows 64 bit.
Sementara komputer dengan windows 64 bit mampu mengerjakan pekerjaan yang berat setiap saat, misalnya saja pekerjaan mengedit video atau mengedit gambar yang memang menggunakan banyak memori untuk menyimpan data. Jika kita menggunakan komputer untuk keperluan yang sangat berat seperti edit video dan edit gambar setiap saat, maka sangat disarankan untuk memilih komputer dengan windows 64 bit yang mampu melaksanakan pekerjaan tersebut dengan baik.
Selain itu dari sisi keamanan, windows 64 bit merupakan windows yang lebih aman jika dibandingkan dengan windows 32 bit karena memiliki sertifikat dari pembuat hardware.
Dengan mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit pada komputer, tentu kita akan dapat melakukan pekerjaan yang maksimal dengan komputer yang kita miliki. Oleh sebab itu, dalam membeli komputer harus disesuaikan dengan kebutuhannya.

sumber : http://www.islampos.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...