tips agar bahagia saat bekerja


Ilustrasi/Chamberplanmb

Agar Anda tetap bisa merasa bahagia ketika bekerja di kantor, ikuti saja beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Jaga masalah pribadi tetap untuk sendiri
Saat Anda sedang menghadapi sebuah masalah pribadi, maka akan lebih sulit untuk berkonsentrasi di kantor. Namun berusalah untuk memisahkan masalah pribadi Anda dengan pekerjaan di kantor. Hindari untuk membahasnya di depan atasan atau rekan kerja. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah agar lebih produktif di kantor, sama halnya juga Anda harus melupakan masalah pekerjaan saat Anda berada di rumah.

2. Jalin pertemanan sebagai sistem pendukung
Miliki teman atau rekan kerja yang memiliki latar belakang, gaya hidup, dan pekerjaan serupa. Dengan begitu Anda memiliki ‘sistem pendukung’ di kantor yang bisa membantu Anda untuk memahami masalah kerja dan setidaknya mengurangi tekanan akibat pekerjaan.

3. Makan sehat dan banyak minum air
Menjaga diri Anda dengan makanan yang sehat dan minum banyak air saat bekerja, akan punya pengaruh besar terhadap tingkat energi serta sikap Anda.

4. Atur pekerjaan dengan baik
Ciptakanlah sebuah jadwal atau rutinitas dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor. Cara ini akan menghindari Anda dari stres ketika pekerjaan terlihat menumpuk dan waktu penyelesaiannya sempit.

5. Banyak bergerak
Anda mungkin tak punya banyak waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym, tapi bukan berarti Anda jadi malas bergerak. Saat di kantor, cobalah untuk tetap aktif bergerak, menaiki atau turun tangga, serta sesekali melakukan peregangan.

6. Jangan coba ubah rekan kerja
Saat Anda menghadapi konflik dengan rekan kerja, jangan lantas mengharapkan dia bisa berubah. Satu-satunya yang bisa diubah adalah sikap Anda dalam menghadapinya. Gunakan kompromi, bersikap sopan, profesional, dan berusahalah mencari solusi dari masalah tersebut.

7. Beri penghargaan diri
Sesekali tak ada salahnya memberikan penghargaan bagi diri sendiri saat Anda telah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Apakah itu pergi makan malam bersama teman, pergi menonton film, berbelanja, atau apa saja, yang penting bisa membuat Anda senang dan makin termotivasi dalam bekerja.

8. Fokus pada hal positif
Saat merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaan, cobalah untuk selalu fokus pada hal-hal positif. Misalnya, Anda mungkin merasa pekerjaan Anda kurang hebat dibanding teman, tapi fokuslah pada kenyataan bahwa Anda memiliki pekerjaan dan tidak menganggur.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...