cara unik buat meningkatkan produktivitas

Ilustrasi/Careerealism

1. Kerjakan hal lain
Cara ini mungkin terkesan bertentangan, tapi ketika Anda mengalihkan pikiran sejenak dari pekerjaan saat ini, Anda bisa kembali dengan pikiran yang lebih segar. Anda akan punya energi baru serta cara pandang lain saat akan mengerjakan tugas tersebut. Cara ini akan berguna untuk Anda yang merasa kehilangan ide-ide baru.

2. Buat tenggat waktu
Jika Anda tidak punya tenggat waktu, Anda tidak akan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Buatlah target waktu kapan Anda harus menyelesaikan tugas itu dan dorong diri Anda untuk segera bekerja.

3. Delegasikan
Kadang Anda merasa tidak mampu menyelesaikan sebuah tugas. Apabila memungkinkan, maka delegasikan sebagian pekerjaan kepada orang lain yang Anda percaya.

4. Beri nama tugas Anda
Supaya lebih semangat, coba saja beri nama-nama unik atau aneh pada tugas yang sedang Anda kerjakan. Misalnya, Anda bisa menamai laporan keuangan mingguan sebagai saatnya melihat kesempatan belanja, atau pekerjaan mencuci baju sebagai pengisian ulang lemari. Cobalah berpikir kreatif untuk menjadikan tugas membosankan jadi lebih menyenangkan.

5. Buang daftar tak penting
Kadang Anda menuliskan dengan detail setiap langkah-langkah yang harus dikerjakan. Tapi menjadi terlalu detail bisa membuat Anda tidak produktif. Coba lihat lagi daftar kerja Anda dan buang daftar yang tidak terlalu penting, agar Anda lebih fokus pada inti pekerjaan.

6. Beri penghargaan untuk diri
Saat Anda menyelesaikan satu tugas, berilah diri sendiri sebuah penghargaan (reward). Penghargaan ini bisa berupa pergi santai di kafe, menikmati makan siang yang lebih lama, pergi menonton, atau mendapatkan perawatan spa.

7. Ulangi dari awal
Tugas yang besar dan sulit bisa membuat otak Anda terasa lelah. Anda pun bisa merasa bingung atau bahkan pikiran Anda macet. Ketika ini terjadi, coba ulangi pekerjaan dari awal. Anda mungkin berpikir telah membuang waktu, tapi itu lebih baik ketimbang Anda berada di arah yang salah dan akhirnya mendapat hasil yang buruk.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...