6 Makanan yang Membuat Lapar dan 6 Makanan yang Membuat Kenyang



Jika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan, Anda perlu mengenal makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung diet Anda dan makanan apa saja yang ebaiknya Anda hindari karena menggagalkan diet.

Pilihlah makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama dan hindari makanan yang mambuat Anda cepat merasa lapar kembali setelah makan untuk emncegah makan berlebihan.


Berikut 6 jenis makanan yang membuat Anda mudah lapar, seperti dilansir realbeauty, Senin (1/10/2012) antara lain:

1. Kentang goreng
Meskipun kentang merupakan bagian dari sayuran yang berkarbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung untuk menggoreng yang mengandung karbohidrat sederhana, garam dan saos yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa.

Hal ini akan menempatkan Anda makan kentang goring terlalu banyak tanpa Anda sadari karena merasa belum cukup kenyang.

2. Pasta putih
Pasta putih mengandung karbohidrat sederhana yang cepat sekali dicerna oleh tubuh dan menyebabkan kadar glukosa tubuh meningkat, sehingga Anda akan segera merasa lapar lagi setelah mengonsumsinya.

3. Roti dari tepung putih dan gula
Roti terbuat dari tepung putih dan gula putih, dua karbohidrat sederhana yang segera dicerna setelah dimakan, sehingga terjadi lonjakan insulin yang sangat besar dan membuat Anda lapar.

4. Susu coklat
Selain mengandung gula, rasa manis dalam susu coklat juga mengandung lemak terhidrogenasi, yang berubah menjadi lemak trans dan dapat mengganggu metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa lesu dan lapar.

5. Yoghurt dengan rasa
Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk tulang, tetapi jika yoghurt ditambahkan dengan gula dan perasa tambahan seperti sirup jagung tinggi fruktosa, manfaat baiknya akan hilang. Makanan ini dapat membuat Anda segera lapar kembali setelah mengonsumsinya.

6. Sereal olahan
Sereal olahan yang terbuat dari tepung dan bukan gandum, tentu akan membuat Anda cepat lapar kembali karena tepung putih mengandung karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna.

Sedangkan, berikut adalah 6 makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama:

1. Apel
Apel memiliki kandungan air yang tinggi dan dikemas dengan serat, yaitu dua faktor yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat dan vitamin yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, bahkan jika dibandingkan dengan protein atau karbohidrat.

3. Beras merah
Beras merah mengandung serat dan nutrisi seperti vitamin B dan magnesium, yang membuat Anda lebih berenergi. Serat menyebabkan beras merah dicerna lebih lama dalam perut dan lebih maksimal dalam menyerap nutrisi baiknya.

4. Oatmeal
Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang mengandung karbohidrat kompleks, yang dicerna tubuh secara perlahan-lahan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga merupakan sumber serat yang sehat untuk sistem pencernaan Anda.

5. Daging
Daging menawarkan kalori tinggi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

6. Salmon
Salmon kaya akan asam lemak esensial dan minyak ikan ini membuat tingkat gula darah seimbang, yang merupakan kunci untuk merasa kenyang dan berenergi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...