Yang Perlu Di Perhatikan Saat Mendownload di Android Market


Yang Perlu Di Perhatikan Saat Mendownload di Android Market - Ada banyak aplikasi yang ada di Android market, yang menarik dan tentu saja menggoda untuk didownload. Ada satu contoh cerita yang menarik untuk diketahui.

Misalnya, di benak kita sudah berencana untuk memutuskan untuk mendownload aplikasi ini. Hanya saja, karena banyak yang memberikan rating 1, aplikasi itu sepertinya bermasalah. Tetapi, ketika dilihat lagi, aplikasi itu sudah didownload lebih dari 10.000 user sudah ada 19 orang yang memberikan rating 5. Bingung?

Setelah meneliti dengan seksama, barulah diketahui ada sesuatu yang tidak beres dengan aplikasi ini. Ternyata pada keterangan publisher's yang tertulis adalah MICROSDFT CORPORATION dengan alamat website msM.com. Dari situlah diketahui bahwa aplikasi ini (mungkin saja) adalah sebuah malware yang akan mencuri data pribadi atau juga akan menyedot pulsa, karena secara otomatis berfungsi sebagai layanan panggilan premium.

Kesimpulannya, teliti sebelum men-download aplikasi di Android Market. Dan apabila aplikasi serupa ditemukan, kalian bisa mengirimkan e-mail kepada Android Police, Flag As Inappropriate In The Device Market, Report It On The Web, serta tinggalkan review 1 bintang.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari malware berbahaya:

1. Jangan meng-install aplikasi selain dari Android Market.

Beberapa waktu lalu, trojan android ditemukan pada beberapa penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di China. Karena itu, jangan pernah mencoba men-download apalagi meng-install aplikasi yang tidak berasal dari Android Market.
 
2. Hati-hati saat ada aplikasi yang meminta izin untuk membuka akses data pribadi.


Memang beberapa aplikasi akan meminta izin untuk membuka beberapa data saat akan melakukan proses instalasi. Tapi, pastikan saat memberi izin Anda tidak memberikannya akses untuk masuk ke dalam data pribadi apalagi data list kontak telepon.

3. Gunakan aplikasi keamanan khusus smartphone Android.


Menggunakan aplikasi keamanan khusus memang sangat disarankan. Selain dapat memberikan perlindungan dari malware berbahaya, aplikasi keamanan seperti Trend Micro Mobile Secutiy akan mengamankan semua transaksi mobile banking yang sempat dilakukan.


0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...