bedah 20 rumah di 17 kecamatan

MARABAHAN - Program Bedah Rumah Sehat ala TP-PKK Barito Kuala (Batola) kembali dilakukan di tahun 2012 ini. Target di tahun 2012 ini dapat terlaksana bedah rumah 17 sampai 20 buah rumah dibagi di 17 kecamatan di Batola.

Diawal tahun 2012 ini, yang beruntung adalah Mardani (34) warga Desa Pantang Raya RT 4 Kecamatan Tabukan.
Suami dari ST Khadijah (30) ini dinilai layak mendapatkan bantuan karena tergolong tidak mampu. Lelaki yang memiliki 5 tanggungan yakni isteri, 2 anak (1 sekolah TK dan masih berusia 2 tahun), ibu Syahriah (65), serta mertua Halimah (66) ini tidak memiliki pekerjaan tetap.

Peresmian Bedah Rumah ditandai pengguntingan untaian melati oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Noormiliyani AS serta pembukaan kunci dari bupati.

Noormiliyani juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam rangka membantu pelaksanaan pembangunan rumah sehat milik Mardani tersebut, di antara PT BPP, PT ABS, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian TPH, PLN Ranting Marabahan, Kades Pantang Raya, rumah budidaya sarang walet, KJP Cipta Prima Sejahtera, CV Yuliana Bersaudara Tbk, Camat Tabukan dan Ketua TP-PKK Tabukan, danramil, serta dua orang tukang.

Ketua TP-PKK Batola ini mengutarakan, Mardani pantas mendapatkan bantuan pembangunan rumah sehat ala PKK karena memenuhi kriteria di antaranya tidak memiliki rumah, tidak mempunyai pekerjaan tetap, memiliki tanggungan anak yang masih bersekolah, tanah milik sendiri, serta usulan dari masyarakat setempat.

Ketua TP-PKK Kecamatan Tabukan, Hj Srie Elyati Rusmadi SPd mengutarakan, pelaksanaan bedah rumah ini diawali dengan pengajuan proposal bedah rumah oleh Kades Pantang Raya yang didukung oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Tabukan pada tanggal 15 September 2011 kepada Ketua TP-PKK Kabupaten.

Setelah dilakukan survey dinyatakan memenuhi kriteria sehingga pada tanggal 22 Desember 2011 dimulai kegiatan pembangunan di lokasi RT 4 Desa Pantang Raya yang tanahnya dibelikan oleh Kades Pantang Raya Mirhan.

Kemudian pada tanggal 7 Januari mulai dilaksanakan pembangunan dengan bergotong royong mulai unsure muspika beserta anggota, seluruh kades dan masyarakat Pantang Raya, serta dua orang tukang.

Bupati Batola Hasanuddin Murad menyatakan, sangat menyambut baik atas inisiatif dan prakarsa jajaran TP-PKK Batola yang selama ini telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang tujuan dan sasarannya banyak menyentuh kepada kepentingan masyarakat dan manfaatnya dapat dinikmati dan dirasakan langsung masyarakat.

Mantan anggota Komisi V DPR RI ini menerangkan, program bedah rumah ini dilaksanakan dalam upaya untuk memotivasi kepada masyarakat untuk terus menggalakkan semangat gotong royong dan kebersamaan.

Program ini dibuat kriteria berkaitan dengan terbatasnya kesediaan dana. Namun pada tahun 2012 ini, lanjutnya, direncanakan akan dilaksanakan 17 sampai 20 kali bedah rumah di 17 kecamatan se-Batola.

(am ramadhani/www.banjarmasinpost.co.id)
( Didik Trio Marsidi / BPostonline )
Sumber: am ramadhani/www.banjarmasinpost.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...