8 cara membangun kepercayaan

Dalam sebuah hubungan, tidak adanya kepercayaan satu sama lain, 99,9% akan menghancurkan hubungan itu cepat atau lambat. Kamu tidak bisa berkata "aku cinta kamu" apabila kamu tidak bisa berkata "aku percaya padamu" karena cinta dan kepercayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Berikut ini adalah 8 cara membangun kepercayaan pada sebuah hubungan :


8 Cara Membangun Kepercayaan Hubungan - www.iniunik.web.id

  1. Mengatakan Yang Sesungguhnya. Bersikaplah dengan bijaksana saat harus berkata jujur. Bukan berarti kamu harus menceritakan semua rahasia yang kamu miliki tetapi kamu harus terbuka mengenai segala hal tentang hubunganmu dan dia. Tidak peduli itu adalah hal yang baik atau buruk, masalah besar atau kecil, jauh lebih baik apabila kamu bisa menceritakan dan share dengan pasanganmu. Ini penting karena kepercayaan adalah sesuatu yang sulit sekali diciptakan kembali ketika kamu sudah menghilangkannya. Masalah sekecil apapun, apabila kamu tidak bersikap jujur, bisa menjadi masalah besar. Sekali kamu berbohong (dan ketahuan), pasanganmu akan menjadi lebih mudah curiga saat kamu melakukan sesuatu. Tahukah kamu bahwa kebakaran besar bisa dimulai dari sepuntung rokok?
  2. Konsisten. Orang yang sulit diprediksi akan sulit dipercaya orang lain. Jika sikapmu sering sekali berubah tanpa sesuatu yang jelas, pasanganmu akan merasa kamu menyembunyikan sesuatu darinya. Kemarin kamu tidak mempermasalahkan ia bepergian dengan temannya, tetapi hari ini kamu marah terhadap dirinya . Kadang kamu jujur terhadap masalahmu, kadang tidak. Ingatlah, inkonsistensi pada sikapmu akan melemahkan kepercayaannya.
  3. Menepati Janji. Kamu boleh berhutang selama kamu 100% yakin kamu bisa membayarnya. Kamu boleh berjanji selama kamu 100% yakin kamu bisa menepati janjimu kecuali terjadi hal-hal yang tidak bisa kamu cegah. Jika kamu tidak yakin, kamu tidak perlu berjanji muluk-muluk. Jauh lebih baik apabila kamu memberi surprise pada dirinya dengan tidak mengatakan pada pasanganmu tentang rencanamu. Jika ternyata tidak bisa dilakukan, itu tidak akan membuat kecewa pasanganmu karena kamu tidak pernah berjanji sebelumnya.
  4. Be Smart. Simpel saja, orang yang smart dan memiliki wawasan luas lebih mudah untuk meyakinkan orang lain. Ia dapat dengan lancar menjelaskan banyak hal terhadap pasangannya. Jawablah pertanyaan ini, apa orang-orang akan mempercayai dirimu jika kamu mengemukakan sesuatu yang tidak kamu kuasai?
  5. Komunikasi. Ya, komunikasi akan memupuk kepercayaan pada pasanganmu selama kamu selalu terbuka dan jujur. Semakin intens kamu berkomunikasi ia akan percaya padamu dan membuka dirinya juga. Kamu tentu tidak bisa percaya 100% pada orang yang sama sekali kamu belum pernah berbicara dengannya, kan?
  6. Bisa Diandalkan. Jadilah orang yang bisa diandalkan dan dicari pertama kali saat ia membutuhkan bantuan orang lain. Bantulah ia dengan tulus dan jujurlah apabila kamu tidak memahami masalahnya, jangan memaksakan dirimu lalu dampingi ia untuk mencari pertolongan dari orang lain. Semakin sering kamu bisa diandalkan olehnya, ia akan semakin percaya pada bahwa kamu adalah orang yang tepat untuknya.
  7. Mengakui Kesalahan. Semua orang tahu bahwa manusia tidak pernah lepas dari kesalahan tetapi sayangnya tidak semua orang mau mengakui kesalahannya entah karena takut atau karena harga diri. Jika kamu pernah bersikap tidak jujur pada dirinya, kamu harus bisa meminta maaf dan mengakui kesalahanmu. Hopefully, ia bisa mengerti dan tetap mempercayaimu. Ini lebih baik daripada kamu terus menyimpan kesalahan dan mengutamakan harga dirimu. Tentu saja kamu harus konsisten dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  8. Percaya Pada Dirimu Sendiri dan Dia. Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu sudah memilih orang yang tepat untuk jadi pasanganmu. Ketika kamu sudah percaya pada keputusanmu, kamu akan memiliki pondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan. Dan ketika kamu percaya pada dirinya, dia akan mempercayaimu juga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...