Cara Mengeluarkan Gas di Perut



Jakarta, Gas berlebih di perut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan kadang rasa malu karena perut jadi sering berbunyi. Tapi gas berlebih ini bisa dikeluarkan dari perut melalui beberapa latihan.

Penumpukan gas berlebih di perut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti makanan yang dikonsumsi mengandung banyak gas, memiliki masalah pencernaan atau akibat kurang aktif bergerak.

Namun gas yang berlebih di perut ini bisa dikeluarkan dengan melakukan beberapa latihan ringan, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (1/3/2011) yaitu:

Berjalan
Terkadang gas di perut hanya disebabkan orang tidak aktif bergerak, karena itu untuk mengatasinya cukup dengan latihan ringan seperti berjalan. Jika sudah merasa perut kembung dan mengandung gas, cobalah bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan. Hal ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan juga mengeluarkan gas dari tubuh.

Wind relieving pose (mengibaskan angin)
Salah satu pose yoga yang diyakini bisa membantu menghilangkan gas di perut adalah wind relieving pose (mengibaskan angin). Gaya ini akan mendorong perut yang membuatnya lebih mudah mengeluarkan gas.

Caranya adalah dengan berbaring terlentang lalu menarik satu lutut ke arah dada dan menahannya dengan kedua tangan. Secara perlahan tarik lutut hingga semakin dekat ke dada, tahan dan ulangi pada kaki yang satu lagi. Jika memungkinkan bisa juga melakukannya sekaligus dua kaki secara bersamaan.

Garland pose
Gaya ini merupakan teknik membuka pinggul sehingga memudahkan tubuh melepaskan gas. Caranya adalah berdiri dengan kedua telapak kaki melebar lalu posisi tangan seperti berdoa.

Setelah itu tekuk lutut hingga posisi jongkok sambil menghembuskan napas dengan posisi siku tangan berada di lutut dan punggung tetap lurus. Tahan posisi ini selama beberapa detik yang memungkinkan gas untuk dilepaskan.

Meskipun beberapa latihan bisa membantu mengeluarkan gas dari dalam perut, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya seperti menerapkan pola makan sehat yang mengandung protein, sayuran, buah dan biji-bijian, mengonsumsi 8 gelas air perhari, menghindari soda dan produk susu yang bisa memperburuk kondisi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...