Skip to main content

Menjelajah Alam Semesta dan Galaksi 3D dengan Celestia

Celestia adalah aplikasi astronomi 3 dimensi. Program ini diciptakan berdasar pada Hipparcos Catalogue (HIP) dan bisa menjelajahi alam semesta dalam citra 3D, dalam kecepatan berapa pun, dan waktu kapan pun dalam sejarah. Termasuk seisi tata surya kita, planet, dan asteroidnya tanpa perlu internet! Celestia bisa langsung dijelajahi tanpa perlu online seperti Google Earth. Menampilkan dan menginteraksikan objek-objek dari satelit buatan hingga keseluruhan galaksi dalam tiga dimensi memakai OpenGL, dari perspektif yang mustahil bagi planetarium klasik atau lainnya. NASA dan ESA juga telah memakai Celestia dalam proyek pendidikan dan antariksa mereka sebagai program antarmuka untuk analisis lintasan planet.
Celestia merupakan program dengan tampilan antarmuka sederhana yang gampang digunakan. Karena lisensinya open source, ia bisa disediakan untuk Linux, Windows, dan MacOS X. Keren, bukan? :) Anda bisa mengunduh Celestia di situs resminya http://shatters.net/celestia atau melihat cara instalasinya di Ubuntu dari kami.

Tata Surya Kita dalam 3D

Kita bisa menjelajahi planet Merkurius sampai Pluto (alm.) sekaligus asteroidnya dalam tata surya kita. Termasuk pula satelit-satelit buatan yang telah diterbangkan seperti MGS dkk. Tentu saja bumi bisa kita lihat bahkan bisa kita atur mau lihat bumi pas malam atau siang. Oya, Celestia juga memuat satelit alami dari masing-masing planet di tata surya kita.
Celestia menampilkan bumi kita.

Photobucket 

120.000 Bintang

Celestia menampilkan Katalog Hipparcos (HIP) dari hampir 120.000 bintang. Ini sudah cukup banyak menurut saya ;) . Celestia menggunakan teori VSO P87 yang sangat akurat untuk orbit planet-planet. Ini membuatnya mungkin untuk menyediakan gerhana bulan dan matahari dan untuk menampilkan jalur orbital dari planet-planet (termasuk planet di luar matahari kita), planet kerdil, bulan, asteroida, komet, satelit buatan, dan kapal antariksa. Kita bisa mengatur jumlah bintang yang dapat dilihat di layar dan digambarkan dalam gaya yang berbeda.

Terbang Bebas di 10.000 Galaksi

Kita dapat menjelajah/terbang dalam semesta Celestia memakai kendali keyboard sederhana. Pada kecepatan berapapun dari 0,001m/s hingga jutaan tahun cahaya/s. Ini tidak mungkin dilakukan di dunia nyata, bukan? Selain itu titik pandang (viewpoint) dapat di-set untuk melihat ke depan, belakang, atau sudut berapa pun terhadap arah perjalanan. Kita bisa mengendalikan orbit bintang, planet, bulan dan benda langit lainnya, melacak benda langit seperti kapal antariksa, asteroida, dan komet saat mereka terbang, atau menjelajah tembus nebula, galaksi spiral, galaksi elips, dan galaksi tak beraturan (lebih dari 10.000 galaksi termasuk dalam Celestia!)

5 Juta Tahun

Waktu yang disimulasikan oleh Celestia dapat di-set pada titik manapun di masa depan atau masa lalu, walalupun orbit planet hanya akurat dalam beberapa ribu tahun dari hari ini, dan tanggal secara aritmatik berakhir pada tahun 5874774.

Multitude Objek

PhotobucketNama dan posisi multitude dari objek di antariksa dapat ditampilkan, dari galaksi, kelompok bintang, nebula, konstelasi, hingga planet, bulan, asteroida, komet, dan satelit buatan, beserta nama dan lokasi dari kota, kawah (craters), observatories, lembah, situs landing, benua, pegunungan, laut, dan fitur permukaan planet lainnya. Celestia menampilkan satelit MGS.

 

 

Atmosfer Detail

Celestia menampilkan fitur seperti atmosfer mendetail pada planet dan bulan, planet berkilau pada satelit yang mengorbit, matahari terbenam dan terbit, awan bergerak, cincin planet, gerhana dan bayangan cincin, garis konstelasi, cahaya di sisi-gelap planet, tekstur permukaan mendetail, refleksi spekular dari air dan es, gas nebula, dan cerawat bintang.

Informasi Spektrum Cahaya dan Luminositas Matahari

Informasi dari objek yang digambar Celestia adalah demikian: radius, jarak, lama dari waktu hari yang nyata, dan suhu rata-rata dari planet. Serta diindikasikan pula luminositas relatif matahari, kelas spektrum cahaya, terperatur permukaan, dan radius bintang.

Photobucket Resolusi Tinggi 1920×1080

Gambar skrinsot dan video dapat diambil dalam resolusi klasik bahkan High Definition (hingga 1920×1080). Celestia juga mendukung pemakaian gamepad/joystick untuk navigasi, namun masih terbatas. Pilihan paling leluasa adalah kendali keyboard. Celestia menampilkan Mars.

18 Gigabyte Pengaya (Add-ons)

Celestia dapat diperluas dengan penambahan objek baru dan ada ribuan pengaya (program penambah kemampuan khusus) dari pihak ketiga untuk diinstall, baik realistis (beneran ada) maupun fiksi. Tersedia hingga total mencapai 18 Gigabyte untuk add-ons yang telah diciptakan pengguna seluruh dunia!

Celestia Untuk Siapa Saja

Photobucket Pictures, Images and PhotosDengan fitur-fitur seheboh itu (masih ditambah lagi fitur hebat lainnya seperti add-on fantastis) Celestia cocok dipakai untuk pendidikan antariksa. Kita dapat mempelajari perbintangan, bagaimana terjadinya gerhana, orbit planet-planet, bentuk satelit planet, bintang-bintang, bentuk asli komet, nebula, apa itu superova, galaksi, dan ciptaan Tuhan lainnya ditambah ciptaan manusia seperti satelit Sputnik. Bagi mereka yang penasaran tentang tata surya maupun ilmu kelangitan, Celestia bisa menjadi pelepas dahaga. Dan bagi saya, Celestia sangat bagus! Baik sebagai perangkat lunak (karena sifatnya open source) dan sebagai alat pendidikan. Bahkan Celestia juga menyediakan video pendidikan terintegrasi mengenai tata surya. Anda pun bisa membuatnya sendiri. Celestia menampilkan space shuttle Discoveryyang sedang mengorbit di atas Florida. Sumber gambar: http://www.shatters.net/celestia/images/gallery/.

sumber : http://teknoplasma.com

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Soundtrack Iklan Air Asia

agu yang dipakai soundtrack iklan Air Asia yang sebagian liriknya " Here we go, come with me " . Lagu ini dinyanyikan oleh Far East Movement feat. Ryan Tedder. Nah lirik lagu lengkapnya ini Here we go, come with me There's a world out there that we should see Take my hand, close your eyes With you right here, I'm a rocketeer Let's fly (fly,fly,fly,fly) Up, up here we go, go Up, up here we go, go Let's fly (fly,fly,fly,fly) Up, up here we go, go Where we stop nobody knows, knows Where we go we don't need roads, roads Where we stop nobody knows, knows To the stars if you really want it Got, got a jetpack with your name on it Above the clouds in the atmosphere, phere Just say the words and we outta here, outta here Hold my hand if you feeling scared, scared We flying up, up outta here Here we go, come with me There's a world out there that we should see Take my hand, close your eyes With you right here, I'

Proses Terjadinya Hujan

Hujan   merupakan satu bentuk   presipitasi   yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya   salju   dan   hujan es ) atau aerosol (seperti   embun   dan   kabut ). Hujan terbentuk apabila titik   air   yang terpisah jatuh ke   bumi   dari   awan . Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga .

kisah cinta kupu-kupu malam dengan laki-laki brondong (kisah nyata)

" Karena sekeras apapun aku berpikir tentangmu-hanya ada satu hal yang bisa kupahami bahwa kaulah hal terindah yang pernah kumiliki dalam hidup ini" agnesdavonardiangkat dari sebuah kisah nyata cinta seorang pria dengan PSK (info : penulis diminta sendiri loh sama narasumber, jadi kalau di kaskus ada yang sama kisahnya ya karena sumbernya sama :) tapi untuk kepentingan naskah agar mudah dicerna penulis mengubah sedikit saja , selama membaca...) Malam itu, seharusnya bukan jadi malam milik gua. Malam yang sesungguhnya bukanlah yang gua harapkan. Adit, temen kecil gua. Entah harus bagaimana gua mengatakan? Tiba-tiba ketika habis pulang dari hang out di kafe, mengarahkan motornya ke sebuah tempat yang mungkin baru dalam hidup gua. Tempat pelacuran, ya.. semua juga tau kalau daerah yang sedang gua injakkan kaki ini adalah daerah protistusi. Gua sempat protes sama Adit, kenapa tiba-tiba ngajak gua ke tempat kayak ginian. Umur gua kan masih 17 tahun dan baru aja dapat ktp resmi