5 Poin agar anak mudah tidur

Menyambung posting sebelumnya, tentang ‘Ketika si kecil susah tidur‘. Kita akan membahas mengenai kiat-kiat apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar si kecil tidak susah untuk tidur. Karena ketika si batita tidak bisa tidur, kemungkin si anak akan menjadi rewel dan tentu saja waktu istirahtnya berkurang.
Berikut ini beberapa kiat-kiat atau tips yang bisa lakukan:
1. Mengucapkan doa
Sebaiknya orang tua mulai mengajarkan dan membangun suasana yang tenang bagi anak dengan mengucapkan doa-doa setiap akan/sesudah melakukan aktifitas. Termasuk juga dengan doa sebelum tidur, sehingga si anak mulai terbiasa dari kecil dan membuat rasa nyaman nantinya ketika tidur.
2. Disiplin waktu
Dengan membimbing anak untuk melakukan disiplin jadual tidur maka akan memudahkan si anak untuk tidur. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah mematikan teve atau radio, meredupkan lampu, dan bimbing si kecil untuk masuk ke kamar tidurnya ketika waktu tidurnya.
3. Kurangkan porsi tidur siang
Dengan terlalu banyak tidur siang, dapat membuat si anak sulit untuk tidur malam sehingga si anak nantinya tidak bisa tidur sesuai jadual tidurnya dan berimbas pada keesokan harinya, seperti bangun kesiangan dan pola tidurnya menjadi kacau. Meskipun tidur siang juga bermanfaat bagi anak tapi batasi tidur siang tidak melebihi 2 jam.
4. Menciptakan tidur yang menyenangkan
Orang tua bisa membuat si anak merasa bahagia ketika menjelang tidur, misal membiarkan si anak untuk bernyanyi lagu kesukaannya atau bercerita tentang kegiatannya sepanjang hari. Atau bahkan mengajak mainan kesayangannya ikut tidur bersamanya seperti mobil-mobilan, boneka, dan lain-lain.
5. Kamar sendiri
Jika kondisi/keadaan memungkin, sebaiknya anak mendapatkan kamar sendiri atau tempat tidur sendiri. Hal ini dapat memacu si anak untuk lebih mandiri dari ketergantungan dari orang tuanya. Seperti belajar menghadapi rasa takut atau membangunkan orang tua ketika hendak buang air kecil, dan lain-lain. Selain itu, bermanfaat untuk memudahkan ketika mengatur pola tidurnya, seperti membiasakan si anak harus berada di kamarnya pada jam-jam tertentu untuk tidur.

sumber : http://www.f-buzz.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...